Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar Inisiasi Program Penghijauan

Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar Inisiasi Program Penghijauan

ROKAN HULU - Jajaran Polres Rokan Hulu (Rohul) bersama dengan Civitas Akademika Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melaksanakan  program penghijauan gerakan penanaman Pohon, Kamis (24/11/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

Kegiatan tersebut dengan Tema "Pelestarian Tanaman Langka Produktif Buah - buahan Lokal Kabupaten Rokan Hulu" digelar di Kampus UPP Rohul, merupakan inisiasi dari Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar SH MH.

Penanaman Pohon tersebut, dihadiri Rektor UPP Dr Herdianto S Pd MPd, Kasat Binmas AKP Hermawan, Camat Rambah Hilir H Agus Salim, S Sos, Danramil 02 Rambah diwakili Babinsa Sertu Jon Afrizal.

Kemudian, Tokoh Adat Ketua LKA Rambah Hilir,  Tokoh Masyarakat Husni Budiman, Wakil Rektor I UPP Zulkifli, SH MH, Wakil Rektor II UPP Hidayat, Koordik Rambah Hilir Kamnuriah, S Sos, Kades Desa Rambah Adi Saputra, S IP,  Civitas Akademika UPP, Pimpinan Fakultas, Studi, Prodi dan Lembaga, Organisasi Mahasiswa, Personil Polsek Rambah Hilir, Mahasiswa/i UPP dan lainnya.

Rangkaian kegiatan, di awali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Doa, Menyanyikan Lagu Indonesian Raya,  Sambutan Rektor UPP,  Penyampaian dari Kapolres melalui Wakapolres Rohul, dan  sambutan Camat Rambah Hilir.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman Pohon di lingkungan Kampus UPP, Pemberian Piagam Perhargaan dari pihak UPP Kepada Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIKM,  Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar SH MH dan 
Personel Polsek Rambah Hilir.

Terpantau, adapun beberapa tanaman Pohon yang ditanam di Lingkungan Kampus UPP, berupa Pulasan, Tampui, Matoa, Durian, Petai dan Mahoni.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH melalui Waka Polres Kompol Erol Ronny Risambesy, SIK menyampaikan saat ini sama - sama diketahui dan menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan.

"Sebab setiap waktunya terus tercemar akibat dari berbagai aktivitas kita sendiri, seperti kegiatan bisnis, perluasan lahan perkebunan dan lainnya, tanpa disadari telah menggores dan mencemari lingkungan yang menjadi tempat kita hidup sampai nantinya ke anak cucu kita," imbuh Erol.

Lanjutnya, sebagai generasi yang hari ini diberikan Tuhan menjalankan kehidupan.

"Tentu harus kita siapkan yang terbaik dari lingkungan ini untuk masa depan kita dan anak cucu kita dikemudian hari," sebut Wakapolres.

"Dengan adanya program ini marilah bersama - sama kita menggalakkan program penghijauan ini, sebab merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk menyelamatkan lingkungan kita untuk saat ini dan nanti," terang Erol.

"Kita juga sama-sama mengetahui, bahwa saat ini isu - isu secara nasional mengajak dan mendorong setiap lapisan masyarakat untuk menggalakkan program-program penghijauan," papar Wakapolres.

Oleh karena itu, kata Dia,  Polres Rohul sangat mengapresiasi dan turut berbangga pada hari ini dapat ikut berpartisipasi, tentunya bersama Civitas Akademika UPP  dalam  program penghijauan.

"Polri sebagai mana tugas utama kami adalah sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, berkomitmen untuk selalu dapat menjalankan tugas dengan sebaik mungkin dan selalu hadir di tengah - tengah masyarakat untuk tercapainya tujuan bersama," tegasnya.

"Sehingga kami yakin dan percaya dapatnya kami berpartisipasi dalam agenda besar yang dikemas dalam bentuk kegiatan penghijauan ini merupakan salah satu bentuk implementasi tugas kepolisian ditengah - tengah masyarakat pada umumnya, khususnya di UPP Rohul," pungkasnya.

Dia berharap kepada semua elemen untuk dapat memberikan yang terbaik untuk Negara, untuk Riau, khususnya bagi Kabupaten Rohul.

"Salah satu bentuk pemberian kita, jangan pernah berhenti untuk menanam, pada hari ini sudah kita buktikan kita bersama bisa melakukan penghijauan dengan menanam Tanaman Langka produktif Buah - buahan Lokal Kabupaten Rohul di Kampus UPP yang kita cintai ini," jelas Erol.

Sementara itu, di tempat yang Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar SH MH, menyampaikan kegiatan program penghijauan gerakan penanaman pohon yang dilaksanakan di UPP ini, kerjasama sinergitas Polsek Rambah hilir dengan Civitas Akademika kampus.

Hari ini Kegiatan pembukaan dilaksanakan di kampus, dalam rencananya  penghijauan ini akan di laksanakan di tempat - tempat umum yang ada di wilayah Kecamatan Rambah Hilir seperti tempat tempat ibadah dan  sekolah sekolah, sebab ini merupakan program terobosan dari Polsek Rambah Hilir.

Saat ini, kata orang nomor satu di Polsek Rambah Hilir, sudah tersedia bibit tanaman pohon berjumlah sekitar 3000 batang yang siap untuk d tanam di tempat umum  di wilayah Kecamatan Rambah Hilir. (juwita/ns)

Berita Lainnya

Index