Program Jumat Curhat, Kapolres Rohul Beri Solusi Strategis Tangani Masalah Narkoba

Program Jumat Curhat, Kapolres Rohul Beri Solusi Strategis Tangani Masalah Narkoba

ROKAN HULU - Di tengah rintik-rintik hujan gerimis, sekitar pukul 07.30 WIB Mobil Dinas dengan Plat 1-35, Tim Jum'at Curhat Polres Rokan Hulu (Rohul) yang dipimpin AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, meluncur dengan kecepatan sedang menuju Desa Rambah Hilir, Kecamatan Rambah Hilir.

Kemudian, sekitar pukul 08.00 WIB, Tim Jum'at Curhat Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH bersama Kasat Binmas AKP Hermawan, Paur Humas Aipda Mardiono Pasda SH serta personel Polres Rohul lainnya, berhenti di Warung Lilis, Dusun Kulim Jaya, Desa Rambah Hilir, Kecamatan Rambah Hilir.

Di warung ini sudah berkumpul menyambut Tim Jum'at Curhat, yakni Camat Rambah Hilir, Agus Salim, S Sos, Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar SH MH, Ketua MUI Rambah hilir Buya Mahadi, Tokoh Agama Ustadz Yulisman, Tokoh Masyarakat Ridho Saputra Anggota BPD Desa Rambah Hilir Tengah Zul Akmal, Tokoh Adat Muhammad Yusuf.

Kemudian, Sekretaris Himpaudi Kabupaten Rohul Kasmawati, S Pd,  Ketua  BKMT Rambah Hilir Asrianti, Ketua Himpaudi Rambah Hilir,  Nurmadia serta  Tokoh  Masyarakat serta Tokoh Wanita Rambah Hilir dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Kades Terpilih Ridho Sahputra, meminta kepada Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, supaya persoalan Narkoba ini menjadi perhatian utama, sebab hal itu sangat membuat resah di tengah-tengah Masyarakat.

"Harapan Kami agar Bapak Kapolres, bisa memberikan solusi bagi Masyarakat, agar para Bandar bisa ditangkap, apalagi para Pecandu, karena untuk mendapatkan Narkoba mereka tak uang, sehingga banyak pencurian terjadi masyarakat," ujarnya.

Persoalan Narkoba tersebut, langsung dijawab Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH  untuk penanganan Narkoba dua cara yakni Hulu dan Hilir.

"Penanganan di Hulu  itu, ada di Tengah-tengah Masyarakat itu sendiri, kerjasama antar Tokoh Masyarakat,  Tokoh Adat,  para Pemangku maupun lembaga Masyarakat di tingkat desa dengan berperan aktif," tegas Pitoyo.

"Sedangkan Hilirnya, Penegak Hukum,   baik itu Polri, Kejaksaan maupun Pengadilan, Saya sebagai Kapolres Rohul sudah berkomitmen untuk tidak pernah tawar-menawar terhadap para para Narkoba," paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua Ikatan Dakwah Indonesia  (IKADI) Rambah Hilir Anto mengapresiasi kegiatan Jum'at Curhat dinilai sangat positif, karena terjalin silaturahmi  langsung antara Masyarakat dengan Polisi.

"Kami melihat kegiatan cukup positif, harapan Kami agar  hal ini rutin dilaksanakan di tengah-tengah Masyarakat baik di Kecamatan Rambah Hilir dan Kabupaten Rohul," paparnya.

Dijawab, Kapolres untuk program memang sudah dilakukan di berbagai kecamatan di Wilayah di Kabupaten Rohul. "Namun untuk tingkat Rambah Hilir, bisa melalui Kapolsek maupun kepada Bhabinkamtibmas untuk menyampaikan persoalan-persoalan yang ada di Masyarakat," urainya.

Di tempat yang sama, Tokoh Budaya dan Adat M Nasir,  meminta adanya Patroli Polisi, sebab adanya Balap Liar, Knalpot Brong dan lainnya membuat Masyarakat resah.

"Selama ini memang sudah ada patroli dari Polsek Rambah Hilir. Namun harapan Kami Bapak Kapolres hendaknya  bisa ditingkatkan," ungkapnya.

Atas hal tersebut, Kapolres menjelaskan, menyoroti persoalan Masyarakat, memang Harkamtibmas itu kebutuhan seluruh lapisan Masyarakat.

"Tapi proaktif Masyarakat untuk melakukan pencegahan, solusi yang paling efektif atau paling bagus untuk mengatasinya, namun jika memang, silahkan menghubungi Polisi terdekat," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Orang Nomor Satu di Mapolres Rohul ini, menyampaikan jika ada hal-hal atau kejadian di tengah-tengah masyarakat, silahkan kontak ke nomor  081273990973.

"Jangan ragu, Insha Allah semua persoalan di masyarakat itu  pasti akan kita respon dengan sebaik mungkin," tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar SH MH menyampaikan Jumat Curhat merupakan program Polri, guna terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Rambah Hilir.

“Kami Polsek Rambah Hilir membuka Nomor Pengaduan Masyarakat dengan Nomor HP 081374208010 yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi ataupun adanya persoalan yang butuh ditindaklanjuti oleh pihak Kepolisian,” katanya.

Deby mengharapkan kepada Masyarakat, agar mendukung program pemerintahan terkait menjaga Kamtibmas yang ada di desa dengan aktif dalam melaksanakan Pos Siskamling.

“Kegiatan Jum’at Curhat ini dilaksanakan untuk meningkatkan giat silaturahmi antara Kapolres Rohul dan  Polsek Rambah Hilir dengan masyarakat dan dapat menampung secara langsung informasi dari masyarakat terkait Kamtibmas yang ada di Wilayah Kecamatan Rambah Hilir," paparnya.

Dia akhir kegiatan, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan Dan lainnya melakukan giat foto bersama kemudian salam-salaman. (juwita)

Berita Lainnya

Index