Majelis Kekerabatan Melayu Dumai TSWE Dikukuhkan, Ini Arahan Gubernur Syamsuar

Majelis Kekerabatan Melayu Dumai TSWE Dikukuhkan, Ini Arahan Gubernur Syamsuar
Pengukuhan Pengurus Majelis Kekerabatan Melayu Dumai Tengku Said Wan Encik, Sabtu (27/5/2023).

DUMAI - Datuk Seri Setia Amanah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri pengukuhan Pengurus Majelis Kekerabatan Melayu Dumai Tengku Said Wan Encik (TSWE) di Gedung Sri Bunga Tanjung, Sabtu (27/5/2023).

Kedatangan orang nomor satu di Riau yang didampingi Wali Kota Dumai Paisal serta tamu undangan lainnya disambut dengan pencak silat serta tari persembahan.

Gubernur Syamsuar menyampaikan tahniah kepada seluruh pengurus Majelis Kekerabatan Melayu Dumai Tengku Said Wan Encik karena telah dikukuhkan.

"Datuk-datuk, tuan-tuan serta puan yang terhimpun dan berpayung-naung di majelis ini tentu bukan sekedar terhimpun saja," kata Syamsuar.

"Tetapi bahwa sejarah yang berasal dari masa lalu dan sampai di waktu kini, mesti diberikan penguatan agar generasi hari ini memiliki kekuatan dan kemantapan diri untuk mengakui dirinya memiliki silsilah maupun keturunan yang patut dipelihara, pelestarian adat istiadat budaya melayu," tambahnya.

Menurut mantan Bupati Siak dua periode ini generasi penerus dan kaum muda mesti diberi pencerahan dengan mengajak untuk bergerak menuju ke arah lebih baik dengan senantiasa berpegang kepada amanah dan pesan-pesan para pendahulu.

"Hendaknya jalinan persaudaraan dalam upaya merekatkan persatuan dan kesatuan dapat terwujud dengan lebih baik," ucap Syamsuar.

Ia juga berpesan supaya tidak ada pertikaian sesama orang melayu dan yang lainnya, sebab bertikai sesama saudara hanya akan mencabik-cabik sejarah negeri Melayu yang santun dan bisa beradaptasi dengan semua kalangan.

Kemudian Syamsuar juga mengajak untuk merawat, menjaga, mengembangkan, dan mengedepankan nilai-nilai jati diri budaya melayu agar senantiasa kokoh dan tahan pada setiap keadaan apapun.

"Kita sokong bersama keberadaan majelis kekerabatan melayu Dumai ini, kita junjung marwah melayu yang menjunjung nilai-nilai Islam. Semoga usaha dan kerja yang dicanangkan kedepan dapat kelancaran dan diridhoi Allah SWT," tutupnya.

Saat pengukuhan, Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar juga melakukan tepuk tepung tawar kepada pengurus Majelis Kekerabatan Melayu Dumai Tengku Said Wan Encik Masa Khidmat 2023-2026. (mcr)

Berita Lainnya

Index