Buka MTQ Tingkat Kelurahan

Lurah Sialangmunggu Fitriyati Berharap Lahir Qari-Qariah Berprestasi

Lurah Sialangmunggu Fitriyati Berharap Lahir Qari-Qariah Berprestasi

PEKANBARU - Lurah Sialangmunggu, Kecamatan Tuahmadani, Kota Pekanbaru Fitriyati, SP membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kelurahan di Musholla Nurmazidah, Jalan Gajus, Perumahan Asta Cipta Gardenia, Pekanbaru, Kamis (18/01/2024) pagi.

Sesuai dengan tema "Dengan MTQ Kita Wujudkan Masyarakat yang Religius untuk Pekanbaru Kota Bertuah", Fitriyati, SP mengharapkan pelaksanaan MTQ tersebut dapat melahirkan para qari dan qariah yang berprestasi.

"Dengan begitu nantinya bisa terbentuk generasi muda qur'ani yang bisa membantu pemerintah khususnya Kota Pekanbaru dalam mewujudkan generasi muda serta masyarakat religius untuk Pekanbaru Kota Bertuah," harapnya.

Fitriyati juga berharap MTQ tersebut tidak hanya seremonial belaka, akan tetapi harus mampu mengubah pemikiran agar benar-benar muncul kesadaran menjadikan Al-Qur'an, sebagai bacaan wajib bagi seorang muslim di Kota Pekanbaru ini.

"MTQ ini juga wujud komitmen pemerintah Kota Pekanbaru bersama masyarakat dalam upaya meningkatkan dan memantapkan syariat Islam, disamping bertujuan menjaring dan membina para qari dan qariah berprestasi," ujar Fitriyati.

 

Lebih jauh dia menyebutkan bahwa pelaksanaan MTQ menjadi upaya pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat, khususnya generasi muda menunjukkan prestasi terbaiknya.

Sementara itu Camat Tuahmadani Dr. Nurhasminsyah, S.STP, M.Si mengaku bangga. Menurutnya, MTQ yang digelar Kelurahan Sialangmunggu ini simpel tapi mewah dan bisa dirasakan sejuknya Al-Qur'an itu.

"Ini benar-benar sangat membanggakan bagi Pemerintah Kota Pekanbaru wabil khusus Pemerintah Kecamatan Tuahmadani," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana MTQ Kelurahan Sialangmunggu Marahalim Nst, A.Md (Ketua RW 24) menyampaikan, pelaksanaan MTQ ini dilaksanakan mulai hari ini Kamis 18 Januari 2024 sampai dengan selesai. Sementara untuk cabang lomba diutamakan cabang tilawah.

"Ada cabang tilawah tingkat anak-anak, cabang tilawah tingkat remaja dan cabang tilawah tingkat dewasa," jelasnya.

 

Ketua Musholla Nurmazidah, Ariffianto, ST diwakili Eramzi, S.Pd.I memohon maaf jika banyak terdapat kekurangan disana sini dikarenakan ini merupakan MTQ Pertama kali di musholla ini sejak musholla nurmazidah ini didirikan.

"InsyaAllah kami seluruh jamaah dan masyarakat RW 24 ingin menjadikan musholla ini sebagai Masjid, untuk itu kami berharap Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kelurahan untuk bisa membantu kami dalam hal pembebasan lahan yang berada di depan Musholla ini," harapnya.

Turut hadir pada pembukaan MTQ tersebut, unsur Pemerintah Kecamatan Tuah Madani, Unsur Pemerintah Kelurahan Sialangmunggu serta masyarakat, seluruh peserta dan Jamaah Musholla Nurmazidah. (zuhri)

Berita Lainnya

Index