Perlu Teknologi Lanjut Produksi Minyak di Sumur Tua

Dibaca: 1097 kali  Jumat,16 Maret 2018 | 08:37:00 WIB

Perlu Teknologi Lanjut Produksi Minyak di Sumur Tua
Ket Foto : Ketua Prodi Teknik Perminyakan UIR, Dr. Eng. Muslim

PEKANBARU - Enhanced Oil Recovery atau perolehan minyak tingkat lanjut adalah salah satu metode yang harus diterapkan di lapangan minyak yang sudah tua (mature field), dimana jumlah minyak yang berada di reservoir masih banyak untuk diproduksi dengan teknologi lebih lanjut.

Hal itu diungkapkan Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR), Dr. Eng. Muslim kepada jurnalmadani.com, Jumat 16 Maret 2018.

Menurutnya, Riau merupakan salah satu Provinsi yang memiliki jumlah cadangan minyak yang sangat besar, karena berada di cekungan Pulau Sumatera bagian Tengah.

"Menyikapi kondisi itu, Prodi Teknik Perminyakan UIR terus berupaya ikut memberikan kontribusi melalui kegiatan riset," ujarnya.

Saat ini, kata Dr. Eng. Muslim, dirinya selaku perwakilan dari Prodi Teknik Perminyakan UIR, sedang melakukan riset bersama dengan melibatkan ITB dan Sejong University Korea Selatan.

Putra asli Desa Dedap, Kepulauan Meranti dan alumni Sejong University Korea Selatan ini, tetap melanjutkan kerjasama di bidang penelitian dan khususnya bidang yang digelutinya, yakni Teknik Injeksi Gas CO2 ke dalam lapisan minyak ke dalam reservoir.

Implementasi dari MoU yang selama ini telah di lakukan dengan Sejong University, jelasnya, salah satunya adalah riset bersama dan kegiatan yang telah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu di Lapangan Langgak.

Dr. Eng. Muslim yang akan berangkat ke Sejong University mulai tanggal 17 Maret sampai tanggal 29 Maret ini, akan melakukan uji laboratorium selama 12 hari di negeri ginseng tersebut.

"Semoga kegiatan bersama ini akan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat, dan UIR unggul Tahun 2020 di Asia Tenggara dapat diwujudkan," pungkasnya. (san)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com