Sempat Bikin Heboh Warga Twitter, Ini Manfaat Daun Salam

Sempat Bikin Heboh Warga Twitter, Ini Manfaat Daun Salam
Daun salam Foto dok.shutterstock
JAKARTA - Dua hari lalu (14/8/2019) beberapa warga Twitter kembali dihebohkan dengan penemuan selembar daun dalam makanan mereka. Keanehan yang mereka temukan tersebut kemudian mereka upload di Twitter. Beberapa cuitannya warga luar negeri itu dirangkum dalam sebuah upload-an oleh pemilik akun @bbylavv.
 
Dilansir Kumparan, salah seorang pemilik akun @riley_gruenbaum menyebut daun salam yang ada dalam sajian chipotle-nya adalah lettuce atau selada.
 
Ada juga @kxthleen yang menuliskan cuitan: "Kinda curious how i found this full leaf in my bowl from chipotle (Agak aneh, saya menemukan daun utuh ini dalam semangkuk chipotle saya)," tulisnya.
 
Tak terkecuali pemilik akun @remytess15 dan @aliyahpotts8 yang juga merasa aneh ketika menemukan selembar daun salam. Bahkan @aliyahpotts8 sampai bersumpah tak akan mau menyantap chipotle lagi karena menemukan daun laiknya daun kering dari pepohonan.
 
Sontak, ini mengundang komentar dari beberapa warga Tanah Air yang mengenal betul dengan tampilan daun salam. Bagaimana tidak? Daun beraroma khas ini begitu sering digunakan dalam tumisan, sup, hingga bahkan dijadikan obat tradisional.
 
Bahkan salah satu warga Makassar pemilik akun @rr_code membalas tweet-an @bbylavv yang lucunya mencoba menjelaskan dengan sebutan 'greeting leaf'.
 
"In Indonesia it called 'daun salam' or greeting leaf leaf, thank you," jelas laki-laki bernama Januar Rusdiana itu.
 
Dita pemilik akun @ditzme pun mengoreksi tweet-an Januar, "(((greeting leaf)))) ???????????????????? bay leaf, guys," tambahnya.
 
Disusul beberapa tweet lain yang coba menjelaskan bahwa daun salam ini bukan daun asing, yang juga punya nama lain bay leaf. Saking ramainya, kicauan ini telah dibalas oleh 341 orang, di-retweets 3.924, dan di-likes 8.857, hmm bagaimana menurutmu?
 
Sejatinya bukan hanya sebagai rempah dalam masakan, daun salam juga kaya manfaat, lho. Apa saja manfaat dari daun beraroma wangi nan gurih ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.
 
1. Bersifat diuretik
 
Mengutip buku "Health Benefits of Bay Leaf" yang ditulis Kuna Aparna, Professor Jayashankar Telangana State Agricultural University, daun salam bisa meningkatkan pencernaan sehingga membuat kita ingin buang air kecil terus.
 
Sifat diuretiknya ini membantu mengurangi toksisitas dan merangsang muntah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.
 
2. Baik untuk kesehatan mata
 
Mengutip buku yang sama, daun salam merupakan sumber vitamin A yang baik untuk mata. Kandungan vitaminnya ini juga akan memelihara selaput lendir dan kesehatan kulit. Maka tak heran, air rebusan daun salam kerap diminum sebagai obat herbal.
 
3. Antikanker
 
Melansir jurnal Nutrition Research tahun 2010, daun salam sangat kaya akan antioksidan. Dengan begitu, mengonsumsi daun salam bisa melawan radikal bebas penyebab kanker.
 
Beberapa antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam; di antaranya fitonutrien, catechin, linalool, dan parthenolide.
 
4. Melindungi kesehatan jantung
 
Daun ini juga mengandung asam caffeic dan senyawa organik yang bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung. Senyawa organiknya akan memperkuat dinding kapiler di jantung, sementara asam caffeic membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).
 
5. Mengurangi kecemasan dan stres
 
Senyawa linalool dalam daun salam dapat membantu mengurangi hormon stres jika digunakan sebagai aromaterapi.
 
Hormon stres yang berlebihan tentu akan membawa dampak buruk bagi tubuh, maka dari itu tak ada salahnya rutin mengonsumsi daun salam untuk menjaga tubuh tetap rileks di saat rasa cemas menyerang. (red)

Berita Lainnya

Index