DPR RI Sambut Baik Arahan Presiden Jokowi Untuk Rehabilitasi Hutan

DPR RI Sambut Baik Arahan Presiden Jokowi Untuk Rehabilitasi Hutan
Ilustrasi

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menyambut baik arahan Presiden Joko Widodo dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI terkait rehabilitasi hutan dan lahan, dengan hal itu membutuhkan kolaborasi kementerian dan lembaga terkait.

"Saya menyambut baik semua gagasan dari Presiden itu untuk segera diterapkan dalam kebijakan-kebijakan yang lebih teknis dari mulai rehabilitasi lahan, hutan yang gundul, rehabilitasi mangrove yang itu memiliki efek terhadap karbon," kata Dedi ketika dihubungi ANTARA usai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Untuk mencapai hal itu maka menurut anggota fraksi Partai Golkar itu perlu adanya keselarasan antara aspek pengelolaan lingkungan, rehabilitasi lingkungan dan pemanfaatan lingkungan.

Dedi mengatakan, keselarasan tersebut perlu dibangun dalam konsep pembangunan yang berkelanjutan dengan pihak-pihak kementerian teknis perlu memiliki visi yang sama satu dengan lainnya.

"Kalau yang ada visi Presiden maka semuanya harus berjalan secara selaras," tuturnya.

Menurutnya, kementerian - kementerian teknis perlu berkolaborasi dan melakukan penyelarasan untuk mengimplementasikan apa yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta pada hari ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan salah satu aspek untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan adalah peningkatan optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau.

Presiden menekankan akan terus melakukan rehabilitasi hutan tropis, ekosistem mangrove serta rehabilitasi habitat laut. (*)

Berita Lainnya

Index